-->

Ide Bisnis Untuk Desainer Grafis

Advertisement
Advertisement
Ide usaha yang cocok untuk seorang desainer grafis - Banyak sekali anak muda sekarang ini yang sudah pintar dalam bidang design seperti desain grafis, editing foto, editing video dan yang lainnya. Hal tersebut tentu akan membawa keuntungan tersendiri apabila dimanfaatkan dengan baik.

Pada artikel kali ini Saya akan membahas tentang beberapa ide kreatif untuk membuka usaha bisnis bagi seorang desainer grafis. Walaupun sudah banyak yang membuka usaha dalam bidang design, namun tidak ada salahnya apabila Kamu ikutan untuk mendirikan beberapa bisnis berikut ini karena sangat cocok untuk seorang desainer grafis.


Apabila Kamu sudah ahli dan pintar mengoperasikan komputer untuk membuat design, silahkan bisa melihat ide bisnis kreatif berikut ini yang memiliki keuntungan cukup besar. 

1. Membuka Usaha Video Shooting

Ide bisnis pertama yang sesuai untuk seorang desainer adalah membuka usaha video shooting. Banyak sekali anak muda yang baru lulus kuliah langsung berani mendirikan usaha video shooting di daerahnya masing-masing.

Untuk membuka usaha video shooting yang akan Kamu butuhkan adalah peralatan kamera video, tripod, komputer dengan spesifikasi editing dan juga kemampuan dalam mengoperasikan software edit video di komputer. Kamu juga perlu mahir dalam mengambil video menggunakan kamera supaya hasilnya bisa maksimal.

Apabila Kamu adalah seorang designer, maka untuk mengoperasikan software edit video tidaklah sulit untuk Kamu lakukan karena Kamu sendiri sudah memiliki kepintaran dasar pada bagian desain grafis. Supaya hasil edit videonya bagus maka Kamu perlu banyak belajar dan latihan.

2. Membuka Jasa Design

Menjadi seorang desainer grafis tentu bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah membuka bisnis jasa desain. Beberapa usaha di bidang design berikut ini bisa jadi refrensi untuk Kamu yang ingin mendapatkan uang tambahan dari hobi yang Kamu miliki.

Design logo, ini cukup mudah untuk dijalankan oleh seorang desainer grafis. Kamu bisa membuat beberapa contoh logo yang bagus dan profesional sebagai bahan promosi di sosial media misalnya facebook dan twitter. Sekarang ini banyak berdiri perusahaan atau usaha di internet yang membutuhkan logo atau identitas. Tentu hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh seorang desainer grafis yang mau memiliki usaha sampingan atau bisa dijadikan sebagai bisnis utama.

Bukan hanya design logo saja, namun Kamu juga bisa membuka jasa design brosur seperti brosur promosi makanan, brosur peralatan rumah, brosur promosi usaha dan jenis brosur yang lainnya. Keuntungan dengan menjadi jasa design brosur juga cukup banyak, tergantung dari kualitas design yang Kamu buat. Semakin bagus desainnya, maka Kamu bisa menjualnya dengan harga yang mahal.

3. Membuka Usaha percetakan

Usaha yang cocok untuk seorang desainer grafis berikutnya adalah digital printing atau percetakan digital. Jenis usaha tersebut meliputi cetak mmt, cetak undangan, cetak banner, cetak foto dan masih banyak lagi. Kamu bisa memanfaatkan keahlian sebagai desainer grafis untuk terjun ke dunia bisnis percetakan digital yang memiliki banyak keuntungan.

Banyak sekali sekarang yang memasang mmt untuk warung makan, toko hp, mmt untuk promosi. Hal tersebut bisa menjadi peluang yang bagus apabila Kamu ingin masuk di usaha digital printing.

Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha percetakan adalah mesin mmt atau mesin pembuat baliho, printer untuk nge print atau cetak undangan, print laser untuk membuat stiker, gunting, kertas undangan dan yang lainnya. Seorang desainer grafis tentu sangat mudah untuk membuat design undangan yang diinginkan oleh pelanggan.

Buatlah design yang bagus dan sesuai keinginan pelanggan supaya menambah rasa kepercayaan sama usaha percetakan milikmu. Apabila usaha yang Kamu jalankan menghasilkan banyak uang, cobalah untuk membuka cabang percetakan digital di daerah lain yang strategis.

4. Usaha Sablon Kaos

Sablon kaos merupakan ide bisnis selanjutnya yang sesuai untuk seorang desainer. Apabila Kamu jago dalam hal mendesain maka cobalah untuk mencari penghasilan tambahan dari usaha sablon kaos.

Untuk menjalankan usaha tersebut keterampilan yang pertama adalah pintar membuat desain yang bagus pada kaos untuk di sablon. Design yang bagus pada kaos polos akan menarik minat pembeli dan membuat usahamu dikenal banyak orang.

Ada beberapa alat yang biasa digunakan untuk menyablon kaos seperti teknik film pakai kertas, sablon cutting stiker dan yang sudah moderen yaitu menggunakan printer sablon kaos digital. Kamu bisa mencoba dengan peralatan sablon yang murah dulu menggunakan metode cutting stiker.

Namun Kamu juga perlu peralatan tambahan yaitu mesin cutting stiker dan juga mesin press untuk merekatkan stiker hasil cutting ke media seperti kaos polos misalnya. Kemudian bahan yang perlu disiapkan adalah kaos polos dengan berbagai ukuran dan warna agar pelanggan nantinya bisa memilih.

Nah itulah beberapa ide bisnis yang cocok untuk seorang desainer grafis. Apabila Kamu tertarik untuk mencoba usaha tersebut silahkan bisa melakukan riset terlebih dahulu supaya nanti usaha Kamu bisa berjalan dengan lancar. Serius dan telaten dalam memgembangkan bisnis sampai berhasil dan sukses menjadi pebisnis.
Advertisement